Wednesday, July 12, 2017

LEBAH HUTAN LIAR (APIS DORSATA)

  3 comments
LEBAH HUTAN LIAR (APIS DORSATA)


Haii guys, familiar kan dengan kalimat tak kenal maka tak saying. Hehe …yuk kenali dulu si Apis Dorsata alias si Lebah Hutan Liar.
APIS DORSATA adalah lebah hutan liar yang termasuk lebah madu Asia paling produktif menghasilkan madu dan hanya membuat sarang hanya dengan satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon. Sisiran sarang dapat mencapai 2 x 1 meter dengan hasil bisa mencapai 20 kg/sarang.
Di Indonesia masih dapat ditemukan di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Irian dan di NTB maupun NTT. Di pulau Jawa lebah ini sudah jarang ditemukan. Ada beberapa sebutan bagi lebah ini di Indonesia, yaitu manye/muanyi (KalBar – danau Sentarum), tawon gong (Jawa), tawon odeng (Sunda), labah gadang, labah gantuang, labah kabau, labah jawi (Sumatera Barat) harinuan (Tapanuli), sedang dalam bahasa Inggris disebut giant hone bee. Wah ternyata lucu-lucu yah sebutan-sebutan nama untuk lebah. Hehe bisa buat nambah wawasan kalian nih guys.
Oh ia guys yang perlu kalian ketahui, mengenai perbedaan lebah madu hutan dan lebah madu ternak. Berikut adalah perbedaannya:
* Jenis Lebah : lebah hutan bernama Apis dorsata, sedangkan lebah ternak : Apis cerana atau Apis melifera
* sarang lebah hutan berupa sisiran yang menggantung di pohon,batu, gua dll sedang lebah ternak berada dalam kotak (stup)
* Lebah madu hutan hanya mengambil makanan langsung dari alam sedangkan lebah madu ternak mempunyai periode dimana harus diberi gula sbg sumber pakannya.
* kadar air madu hutan tinggi (22 – 26%) karena sarang berada di luar dan terkena langsung pengaruh iklim, sedang madu ternak sedang (17 – 22 %) karena sarang berada dalam kotak tertutup.

Semoga bermanfaat ya guys, bisa buat menambah wawasan kalian… hehe

3 comments :

  1. Cari madu yang asli ternyata emang sulit

    ReplyDelete
  2. Ya Indonesia memang beragam budaya, gak dari sumber daya, alam, dan wisatanya sudah memukau dunia. :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata lebah hutan dan ternak beda,thanks infonya gan.

    ReplyDelete