Tuesday, July 25, 2017

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran). Nomor 5 yang Paling Ampuh Untuk Membedakannya

  14 comments
Oke Selamat Pagi, Selamat Siang, Selammat Sore, dan Selamat Malam, kembali lagi bersama Dunia Maduku yang menyajikan informasi-informasi bermanfaat seputar dunia kesehatan, kecantikan, ataupun tips-tips lainnya seputar dunia Madu. Sehubungan banyak juga yan Qequest dan yang masih bingung mengenai cara membedakan Madu Asli dan Palsu, untuk itulah Kali ini Dunia Maduku akan memberikan Tips-tips atau cara-cara membedakan antara Madu yang Asli dengan Madu campuran atau yang sering disebut dengan Madu Palsu Sobat DM. Jadi jangan bosan ya untuk terus bersama Dunia Maduku.


Siapasih yang tidak kenal Madudan yang tidak inin merasakan manisnya madu dan merasakan khasiat madu?. Bahkan dari anak-anak sampai orang dewasapun menyukainya. Namun berhubung dengan harga madu yg sangat mahal banyak orang yang tidak bisa menikmati madu karena faktor ekonomi. Pada waktu itulah banyak penjual madu yang tidak bertangung jawab mencari kesempatan dalam kesempitan. Banyak penjual madu yang curang dengan mencampurkannya Madu Asli dengan bahan-bahan lain seperti mencampurkannya dengan Gula supaya lebih banyak. bahkan para oknum tersebut ada yg sudah sangat ahli dalam membuat madu palsu, sampai-sampai aroma bau, rasa kekentalan dan sifat-sifat madupun sekarang bisa di tiru sampai susah membedakan mana yang Madu Asli dengan Madu Palsu.

Untuk alasan itu lah kali ini Dunia Maduku akan memberikan Tips-tips atau Cara-cara memilih/membedakan antara Madu yang Asli dengan Madu Campuran (Madu Palsu) yang sering di gunakan, cara nomor 5 (lima) yang menurut mimin paling ampuh untuk mengetes/membedakan bahwa Madu tersebut Asli atau Palsu, jadi baca terus sampai akhir ya sobat DM. Berikut cara Membedakannya:

1. Mengunakan Media Kertas


Untuk cara pertama yaitu dengan kertas sebagai media untuk menguji bahwa Madu tersebut asli atau palsu. Caranya yaitu dengan menuangkan satu sendok makan Madu ke kertas, jika madu asli maka kertas yang dituangin madu tidakakan tembus/basah. Sedangkan Madu yang palsu, kertas yg dituangi madu akan tembus/basah karena madu palsu sudah tercampur dengan bahan lain yang menyebabkan kandungan air yang lebih tinggi dalam Madu dan menyebabkan kertas mudah basah.

2. Menggunakan Media Air


cara yg kedua yaitu dengan menggunakan air sebagai media percobaan. banyak orang yang enggunakan cara ini dari pada dengan cara yang pertama, ya mungkin karena tidak semua madu kandungan airnya sedikit tergantung musim panennya kalo saat musim hujan maka kanjungan air dalam madu juga banyak namun itu tetap asli walaupun kandungan air dalam Madu lebih banya dari pada saat musim kemarau yang kandungan airnya benar-benar sangat sedikit.
oke langsung saja cara membedakan madu Asli dengan media air yaitu dengan menuangkan air kedalam gelas lalu tuangkan satu sendok Madu kedalam gelas yg sudah terisi air tadi. Jika Madu yang asli maka Madu ketika di tuangkan kedalam gelas yg sudah terisi oleh air maka madu langsung jatuh kebawa/kedasar gelas dan tidak langsung tercampur dengan air, bahkan ketika air di aduk pun Madu akan sulit menyatu dengan air walaupun pada akhirnya tercampur juga. Jika Madu yang Palsu maka Madu akan langsung tercampur dengan air.

3. Menggunakan Media Korek Api


Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk menguji bahwa apakah madu tersebut asli atau palsu. Tapi memang benar cara ini juga ampuh/bisa digunakan untuk membedakannya, yaitu dengan cara celupkan batang korek api kedalam madu lalu bakar korek api tersebut, jika Madu Asli maka korek api yang sudah di celupkan ke Madu Asli maka korek api tersebut akan tetap terbakar karena sifat madu yang sangat padat dan tidak mudah tercampur dengan benda/bahan lain maka ketika batang korek api yang di celupkan ke korek api akan tetap terbakar dan korek api tidak terpengaruh karena sudah dicelupkan ke dalam madi. Beda lagi kalo batang korek api dicelupkan ke Madu Palsu maka korek api tersebut tidak akan terbakar seperti batang kayu yang terkena air yang sangat sulit di bakar. tapi tidak semua berhasil membukikan kalo Madu itu asli ataupun palsu dengan cara pengujian seperti ini, kembali lagi tergantung musim saat musim hujan maka kandungan airnya sangat banya yang dapat menyebabkan batang korek api bisa basah, namun tidak menutup kemungkinan kalo walaupun basah karena madu Asli tapi masih tetap bisa dinyalakan.

4. Menggunakan Lemari Pendingin (Frezzer)

Untuk cara yang ke empat ini lumanyan menguras biaya juga pasalnya kalo belu punya lemari pendingin kan jadi harus beli dulu, benar kan. hahahaha.....
Namun tidak perlu hawatir kalo belum punya ya juga bisa ikut pinjam kerumah tetangga yan punya lemari pendingin, tp bukan pinjam untuk di bawa pulang ya, namun hanya ikut numpang saja.
cara membuktikan Madu tersebut Asli atu palsu yaitu dengan cara tuangkan madu ke wadah secukupnya saja, lalu taruh madu tersebut ke dalam lemari pendingin dan tunggu smapai beberapa jam atau mungkin bisa di tunggu sampai seharian, dan lihat hasilnya. jika Madu yang Asli tidak akan Membeku. Pada suhu 0'Celcius air Madu Palsu cenderung akan membeku sedangkan pada madu asli tidak membeku, hal ini disebabkan oleh karena madu asli mengandung sangat sedikit air, sehingga suhu dingin tidak akan mudah membuatnya beku. Walaupun pada musim penghujan dan menyebabkan kandunan air dalam Madu lebih banyad dari normal, namun Madu yang Asli tidak akan Mudah Membeku namun hanya akan seperti Jely.

5. Menggunakan Media Piring dan Air


Menurut pengetahuan dan pengamatan mimin dan juga dari berbagai sumber ini cara yan paling ampuh untuk membuktikan bahwa madu tersebut Asli atau Palsu. Yaitu dengan cara tuangkan aur ke piring secukupnya lalu tuangkan 1-2 sendok makan Madu, sebenarnya satu sendok makan Madu aja sudah cukup, setelah madu dituangkan ke dalam piring yang sudah terisi air lalu goyangkan piring tersebut sesuai/searah dengan jarum jam, setelah di putar beberapa kali setelah beberapa saat kemudian ligatlah maka Madu akan muncul retakan-retakan yg membentuk membentuk seperti sarang lebah. Karena itu sudah menjadi sifat alami dari madu asli dan tidak bisa di palsukan lagu. namun beda kalo madu yang digunakan itu Madu Palsu/campuran maka ketika madu di dituankan kedalam piring yang sudah terisi air dan di goyang-goyangkan maka madu palsu akan langsung mennyatu dengan air. 

6. Menggunakan Kuning Telur


Sediakan 1 (Satu) butir Telur (ambil kuningnya saja), kemudian tambahkan sekitar satu sendok makan Madu lalu campurkan. Perhatikan, jika Madu berkualitas murni/Madu Asli, maka kuning telur akan terlihat menggumpal. Penggumpalan kuning telur tersebut terjadi akibat Madu mengandung Asam sedang kuning Telur mengandung banyak Protein, dan ketika Protein bercampur dengan Asam maka akan terjadi koagulasi yang menyebabkan kuning Telur terlihat seperti matang.

7. Dipanaskan/Memanaskannya


Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanaskan Madu tersebut. Tuang Madu secukupnya ke atas sendok makan dan kemudian coba panaskan. Perhatikan, ciri-ciri Madu Asli biasanya akan nampak berbuih saat dipanaskan dan meluber keluar dari sendok. Namun, pada Madu palsu hal tersebut tidak terjadi, meskipun mendidih madu tidak akan mengeluarkan buih ataupun meluber.

Baca Juga : Mitos Madu dan Semut

Mungin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran). Namn masih banyak cara yang dapat membuktikan bahwa Madu tersebut Asli atau Palsu. jika ada yang tau atau pernah mencobanya dengan cara yang lain selain dengan cara yang di atas bisa saling berbagi pengalaman anda di kolom komentar.

Bila ada yang kuran berpendapat dengan cara tersebut bisa saling berbagi pengetahuan dengan cara memberikan komentar dengan baik dan sopan. terimakasih.

14 comments :

  1. Ane mau beli tapi takutnya palsu, kalau gini udah tau gan. Hehehehe

    ReplyDelete
  2. makasih atas infonya sangat bermamfaat untuk membedakan madu

    ReplyDelete
  3. wah info yang bagus nih jadi kalau beli madu bisa membedakan mana yang asli dan yang tidak.
    makasih info nya.

    ReplyDelete
  4. Seriously madu yang dimasukin ke kulkas itu madu palsu? Padahal yang jualnya bilang kalo itu madu = madu asli dari yaman. Sedih juga kalo diinget2

    ReplyDelete
  5. ilmu baru gan, mantap infonya. thanks

    ReplyDelete
  6. Wah jadi tau nih, perbedaan madu asli dan palsu.. Nice info.

    ReplyDelete
  7. akhirnya setelah baca artikel ini... bisa tahu membedakan madu asli dan palsu... makasih gan artikelnya!!!

    ReplyDelete
  8. Habis baca artikel ini mudah mudahan gak mudah ketipu lagi. Makasih y gan

    ReplyDelete
  9. Mas kalo yang dijual di minimarket atau mall apakah itu madu asli ?

    ReplyDelete
  10. Kalau gini jadi gak takut beli lagi gan, nice info

    ReplyDelete
  11. waaaah bermanfaat sekali gan, saya jadi tau cara bedain madu asli dan abal-abal...

    ReplyDelete