Sunday, July 16, 2017

Madu Sebagai Obat Alami yang di Anjurkan oleh Allah SWT dan Rosul-Nya

  17 comments
Madu memang banyak sekali manfaatnya selain rasanya yang manis Madu juga digunakan sebagai bahan Pengobatan. Sudah sejak dari jaman dahulu kala banyak orang yang sudah menggunakan Madu sebagai bahan pengobatan alami. Sampai sekarang pun masih banyak orang yang menggunakan madu sebagai bahan Pengobatan Alami, bahkan sekarang para Dokterpun menganjurkan para pasiennya mengkonsumsi madu untuk sebagai obat alami.


Bukan hanya menurut orang ataupun para Dokterpun bahkan Madu sudah tertulis dalam Al-Qur'an bahwasanya madu sebagai obat alami yang di anjurkan oleh Allah SWT dan Rosul-Nya.

Madu merupkan salah satu obat diantara dua obat (penyembuh) yang disebutkan Rasulullah Saw dalam hadist. ” Gunakanlah dua Penyembuh yaitu Madu dan Al-Quran”. HR.Ibnu Majah dan Al Hakim.
Dalam hadist lain Rasulullah bersabda: “Pengobatan itu ada tiga macam: Meminum Madu, Berbekam dan Kay dengan besi panas, tetapi aku melarang umatku berobat dengan Kay karena menyakitkan.” (HR Bukhari).

Begitu pula Alloh SWT dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 69 menyatakan: “…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan)bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS An-Nahl:69).

Madu mempunyai rasa yang lezat, aroma yang menyegarkan serta memiliki nilai pengobatan yang tinggi. Madu bisa memperpanjang umur (membuat awet muda), berbeda dengan penggunaan gula biasa atau makanan harian lainnya. Pada masa sekarang telah banyak dilakukan penelitian di berbagai belahan dunia yang menyatakan bahwa madu meupakan obat yang Dahsyat, dapat menyembuhkan orang dari berbagai penyakit. DR Abdul Aziz Ismail, menyatakan bahwa Madu adalah suatu senjata dokter yang dapat digunakan untuk melawan penyakit. Orang menggunakan madu setelah ilmu pengetahuan berkembang dan meningkat. Madu merupakan makanan bergizi yang menimbulkan kekuatan dan membunuh racun yang datang dari luar dan dalam tubuh.

Adapun Kandungan Madu yaitu sebagai berikut:
1. Mengandung Banyak Vitamin
Serbuk sari kebanyakan bunga mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi daripada jenis sayuran dan buah-buahan. Madu mengandung serbuk sari, oleh karena itu ia mengandung vitamin C yang tinggi. Madu merupakan media yang baik bagi banyak vitamin. Hal ini tidak sama dengan buah atau sayuran. Contohnya bayam, yang akan kehilangan 50% kadar vitamin C dalam waktu 24 jam setelah dipetik.

Menurut DR. Jamnul Azhar seorang pengajar Universitas Al-Azhar Mesir, Madu mengandung
Vitamin B1 yang bisa mencegah penyakit Biri-biri
Vitamin B2 yang bisa mencegah penyakit Scuri
Vitamin B3 yang bertindak sebagai Antiseptik dan mencegah penyakit ketuaan yang datang sebelum masanya
Vitamin B6 yang sangat penting bagi pencernaan makanan dan mencegah Anemia
Vitamin A yang bisa berfungsi mencegah penyakit Rabun malam.

2. Memiliki Enzim Pencernaan
Invertase dan Amylase merupakan enzim yang terdapat di dalam madu. Kedua enzim tersebut berfungsi melakukan proses pencernaan. Hal ini berbeda dengan gula tebu dan pemanis lain yang memerlukan invese dalam saluran pencernaan melalui sejenis enzim agar bisa di ubah menjadi gula sederhana. Madu dapat dengan mudah dicerna karena dua enzim yang terdapat di dalamnya, serta telah dicerna oleh kelenjar liurnya, mengubah gula dalam sari bunga menjadi gula sederhana;levulos dan dextrosa.

3. Mengandung Mineral
Zat besi, tembaga, Potassium, silicon, klor, kalsium, sodium, fosfor, magnesium,dan alumunium merupakan mineral yang ada di dalam madu lebah. Seluruhnya diambil dari tanah dimana bunga tersebut tumbuh. Oleh karena itu kadar mineral dari setiap madu berbeda tergantung dari tanah tanaman tersebut.

Jadi kesimpulanya adalah Madu memanglah baik untuk pengobatan secara alami yang sangat baik di konsumsi oleh siapapun baik orang dewasa maupun balita. Namun juga harus sesuai prosedur dalam meminum Madu dan tidak boleh asal dalam meminumnya namun harus sesuai takaran. kalo tidak sesuai (sembarangan dalam mengkonsumsi madu) bukanya sembuh malah bisa bikin masalah.

Itula sedikit informasi mengenai manfaat madu untuk kesehatan yg di anjurkan oleh Allah SWT dan Rosul-Nya. Terimakasih telah mengunjungi blog kami semoga bermanfaat.

17 comments :

  1. Nice artikel madu emg bnyak khasiatnya

    ReplyDelete
  2. Emang madu adalah obat herbal alami yang bagus

    ReplyDelete
  3. wah ternyata madu sejak dulu sudah menjadi obat alami dan di anjurkan allah dan rosulnya

    ReplyDelete
  4. Subhanallah begitu banyaknya khasiat madu

    ReplyDelete
  5. mantap bnyak bgt manfaat madu gan

    ReplyDelete
  6. banyak amat mas khasiatnya
    Mmng mntp dah (y)

    ReplyDelete
  7. manfaatnya banyak banget ya gan, luar biasa, semua yang dianjurkan oleh memang sangat bermanfaat, madu juaranya :D

    ReplyDelete
  8. wah ternyata ada hadisnya ya ..

    ReplyDelete
  9. Ane juha pernah gunain madu sebagai masker, manfaat sekali gan

    ReplyDelete
  10. makasih gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Ternyata madu juga bisa digunakan untuk obat

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah keluarga ana udah membiasakan menggunakan madu..

    ReplyDelete
  13. Wah banyak amat khadiatnya ya ternyata

    ReplyDelete
  14. Wah gk nyangka ternyata banyak khasiatnya 😂

    ReplyDelete
  15. Madu selain manis juga penuh manfaat ya.. Al Quran pasti benar

    ReplyDelete